Faktual dan Berintegritas



JAKARTA -- Presiden terpilih, Prabowo Subianto kembali memanggil sejumlah nama ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10). Puluhan tokoh berdatangan, mulai dari politisi, akademisi hingga pelaku seni.

Nama-nama yang dipanggil kemarin, besar kemungkinan untuk pengisi berbagai posisi di kabinet. Selain sebagai menteri, diperkirakan ada untuk wakil menteri, pimpinan badan dan lain sebagainya. Banyak di antara yang datang adalah generasi muda, antara lain Raffi Ahmad, Taufik Hidayat, Bima Arya, Angga Raka, Isyana Bagus Oka, Giring Ganesha dan lainnya.

Sementara pada hari sebelumnya, Senin (14/10) Prabowo sudah memanggil sebanyak 49 calon menteri. Sebagian di antaranya adalah menteri pada kebinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin sekarang.

Dikutip dari berbagai sumber, pada hari kedua kemarin, terdapat 56 nama yang dipanggil Prabowo. Dengan demikian, selama dua hari berturut-turut  audisi, sudah lebih 100 nama yang dipanggil presiden terpilih tersebut.

Salah seorang yang dipanggil Prabowo kemarinDuta Besar Indonesia untuk PBB di New York, Arrmanatha Nasir, mengaku berdiskusi dengan Prabowo terkait situasi global hingga tantangan dan peluang Indonesia ke depan.

"Saya selama ini bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk PBB di New York dan hari ini diminta untuk menghadap Bapak Presiden terpilih, Bapak Prabowo. Di dalam kita berdiskusi mengenai situasi global, tantangan dan peluang-peluang yang ada, dan Bapak Presiden menekankan pentingnya untuk Indonesia terus berperan aktif dan membantu untuk bisa menavigasi berbagai tantangan yang ada dan mengambil peluang yang bisa kita raih," kata Arrmanatha kepada Arrmanatha tak mengungkap jelas dia bakal ditugaskan sebagai apa di kabinet mendatang. Namun, menurut dia, tugasnya tidak akan jauh-jauh terkait Kementerian Luar Negeri.

"Saya kan selama ini bertugas di Kemlu dan sebagai saat ini sebagai Dubes Indonesia untuk PBB dan itu bidang yang saya tekuni lebih dari 20 tahun," ucapnya dikutip detikcom.

Sementara itu, pekerja seni Raffi Ahmad mengaku akan membantu Prabowo di bidang yang dia kuasai.

"Hari ini saya juga dipanggil oleh Bapak Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto, untuk diminta sama-sama membantu beliau. Kalau saya dalam bidang yang saya kuasai, kira-kira di generasi muda, badan kreatif, dan pekerja seni. Kurang lebih itu," ucap Raffi kepada wartawan setelah bertemu Prabowo, kemarin.

Raffi tidak menyampaikan jabatan atau posisi yang akan ditempati. Dia menyebut Prabowo akan mengumumkannya.

"Mungkin nanti selebihnya dan, lebih pastinya lagi, agar Bapak Presiden terpilih Bapak Prabowo yang akan mengumumkannya," ujarnya.

Prabowo mengatakan semua tokoh yang diundang ke kediamannya telah menyatakan kesediaannya menjadi menteri. Pemanggilan para calon menteri itu disebut Prabowo untuk konfirmasi.

"Mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Jadi sebetulnya hari ini hanya mengkonfirmasi, saya konfirmasi, saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka," kata Prabowo usai pemanggilan calon menteri hari pertama.

"Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup," sambungnya. (*)

 
Top