Faktual dan Berintegritas


PADANG  -- Sebanyak 2.150 pelajar dari tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah hingga Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah negeri/swasta se-Kota Padang menerima bantuan beasiswa program pendidikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali kota Padang Andree Algamar di halaman parkir kantor Baznas Kota Padang, Rabu (16/10).

Dalam arahannya Pj Wali Kota Padang Andree Algamar menyebutkan pendidikan sebagai pondasi esensial dalam kehidupan, yang tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga keterampilan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

"Pendidikan itu sangat penting sekali dalam menata kehidupan ke depan,  karena dengan pendidikan akan membentuk watak karakter kepribadian anak-anak kita dibanding dengan mereka yang tidak berpendidikan," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemko Padang telah meluncurkan berbagai program untuk membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu agar tetap bisa bersekolah. Salah satunya adalah bantuan beasiswa yang dikelola Baznas. Program ini bertujuan untuk mencegah anak-anak putus sekolah akibat keterbatasan biaya pendidikan.

"Zakat yang dikeluarkan oleh muzakki juga berperan penting dalam mendukung pendidikan. Dana zakat ini dihimpun dan disalurkan oleh Baznas, yang bekerja sama dengan berbagai organisasi perangkat daerah dan lembaga lainnya untuk menciptakan sinergi dalam membangun ekonomi dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Kota Padang," harapnya.

Ketua DPRD Kota Padang, Muharlion menjelaskan Baznas berperan penting dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat.

"Pendidikan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, Baznas telah berkontribusi di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan dan masalah sosial lainnya," terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Edy Oktafiandi  menyebutkan pendidikan akan membentuk watak dan karakter anak,  dengan pendidikan  memberikan ilmu pengajaran dan keterampilaan sesuai kebutuhan.

"Tidak semua orang menjalani pendidikan dengan mulus, ada hal  terkait pribadi yang tersendat, zakat yang dihimpun muzaki memberi solusi," ungkapnya.

Ketua Baznas Kota Padang Yuspardi mengatakan, secara keseluruhan bantuan program pendidikan senilai  Rp1.394.200.000, dengan rincian  sebanyak 2.150 pelajar menerima bantuan program pendidikan Baznas, terdiri dari 1.629 tingkats SD/MI, masing- masing menerima bantuaan berupa uang Rp500 ribu serta tas dan alat tulis. Kemudian 521 pelajar  SMP/Mts menerima bantuan sebesar Rp700 ribu serta tas dan alat tulis.

"Program ini meringankan saudara kita yang tidak mampu membiayai kebutuhan pendidikan. Mayoritas zakat bersumber dari zakat ASN Kota Padang. Sebagai wujud syukur mari kita belajar dengan tekun, jangan jadikan ekonomi sebagai penghalang," tutupnya. 

Penyaluran dilakukan secara bertahap mulai Rabu (16/10) 225 pelajar, Kamis (17/10) 315 pelajar, Jumat (18/10) 301 pelajar, Sabtu ( 19/10) 309 pelajar, Senin (21/10) 324 pelajar, Selasa (22/10) 255 pelajar dan Rabu (23/10) 421 pelajar. (dkf)

 
Top