Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, bertindak selaku pemimpin upacara pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-54 Tahun 2024 di Halaman Kantor Gubernur Sumbar Padang, Selasa (17/9).

Menyampaikan sambutan Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, Gubernur Mahyeldi mengatakan peringatan Harhubnas 2024 merupakan momentum untuk melakukan refleksi dan karya bakti dibidang transportasi untuk bangsa dan negara.

Sebagaimana tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2024, yakni "Transportasi Maju Nusantara Baru”, menurut Gubernur, tema ini dimaksudkan, untuk menunjukkan bagaimana para insan pemangku kepentingan transportasi, mampu menilik kembali hal-hal yang telah diraih 10 tahun kebelakang, berkomitmen secara berkelanjutan, untuk peningkatan  transportasi di masa selanjutnya.

"Sesuai visi misi presiden Joko Widodo yaitu terwujudnya Indonesia maju berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, sektor transportasi telah membuktikan komitmennya untuk berkolaborasi mewujudkan konektivitas sehingga seluruh wilayah Indonesia dapat terhubung dan meraih kemandirian ekonomi," ucap Gubernur.

Selanjutnya Gubernur juga mengungkapkan bahwa saat ini dengan adanya perkembangan teknologi di bidang transportasi menjadikan Indonesia bisa bersanding dengan negara maju lainnya di dunia, seperti kereta api cepat Jakarta-Bandung dengan kecepatan 350 km/jam dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit yang merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi ini. Selain itu juga ada kereta tanpa masinis, Lintas Raya Terpadu (LRT) seperti Jakarta dan Palembang, dan Transportasi Autonomous Rail Trans (ART) di Ibukota Nusantara (IKN).

"Transportasi modern dan digitalisasi sektor transportasi telah diterapkan di seluruh Indonesia, ini tidak hanya membanggakan akan tetapi juga meningkatkan layanan transportasi yang lebih efektif, nyaman, efisien dan memudahkan masyarakat," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan transportasi, selaku regulator sektor transportasi, agar dapat bekerjasama, berkolaborasi, dan bersinergi dengan stakeholders dan mitra kerja serta pemerintah daerah.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi  setinggi-tingginya, dan penghargaan kepada seluruh insan transportasi yang telah bekerja keras mendedikasikan waktu dan tenaga serta berjuang menghadapi berbagai resiko dan memberikan layanan optimal dan semua pihak yang memastikan masyarakat dapat bertransportasi dengan selamat, aman dan nyaman," pungkas Gubernur.

Pada peringatan Harhubnas tahun 2024 ini, juga disampaikan penghargaan dari Menteri Perhubungan Indonesia kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kabupaten yang berprestasi dalam penyelenggaraan sistem transportasi terbaik, antara lain Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Solok, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Solok

Pada Upacara Harhubnas itu, tampak hadir Sekretaris Derah Provinsi Sumbar, Ketua DPRD Sumbar, Kapolda Sumbar, Kejaksaan Tinggi, Danrem 032 Wirabraja, Forkopimda,  Bupati Tanah Datar, Bupati Solok, Walikota Solok, Walikota Payakumbuh, Bupati Pesisir Selatan, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sumbar, Kepala Dinas Perhubungan Kab/Kota se-Sumbar, Direktur Poltekpel Sumbar,  serta Tokoh Masyarakat dan Organisasi se-Sumbar. (*)

 
Top