Faktual dan Berintegritas


PADANG - Jelang Peringatan Gempa 30 September 2024 mendatang, warga Kota Padang diajak siap menghadapi bencana.

Hal itu ditekankan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton pada rapat persiapan pelaksanaan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang di Aula BPBD, Kamis (5/9).

"Hari Kesiapsiagaan Bencana bukan hanya sekadar peringatan saja, namun kita juga melatih dan mengingat warga dan melakukan simulasi di sekolah, bagaimana masyarakat bersiap menghadapi bencana," katanya.

Dia menyebut, peringatan ini harus dimaknai untuk meningkatkan  kewaspadaan terhadap bencana yang bisa terjadi kapan saja. 

"Bagaimana masyarakat dapat membekali dirinya untuk lebih waspada dan siap menghadapi bencana," harapnya.

Selain melaksanakan upacara peringatan pada 30 September di Tugu Gempa, pada Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 ini, BPBD Kota Padang juga menggelar lomba video kesiapsiagaan bencana terdiri dari lomba video lagu mars tangguh antar Kelompok Siaga Bencana antar kelurahan se-Kota Padang, kemudian lomba video kesiapsiagaan Satuan Pendidikan tingkat SD dan SMP se-Kota Padang.

Kampanye kesiapsiagaan bencana talkshow di radio, tsunami drill (simulasi evakuasi dan tsunami), kuliah umum kebencanaan, penyebaran poster dan imbauan kesiapsiagaan melalui sosial media dan langsung turun ke masyarakat. (dkf)

 
Top