Faktual dan Berintegritas



PADANG -- Pembangunan Basko City Mall, hotel dan mal milik Basrizal Koto di Jalan By Pass Kota Padang sudah hampir rampung dan akan dibuka sebelum lebaran tahun depan. Bangunan 6 lantai tersebut sudah menyerap 4.900 ton semen dari Semen Padang.

"Alhamdulillah proses pengerjaan masih berjalan dengan baik," sebut Owner Basko Grup, H Basrizal Koto, saat meninjau proyek tersebut, Rabu (4/9).

Hotel dan mal seluas 6 hektar tersebut nantinya mampu menyerapkan 400 tenaga kerja. Terdiri dari 6 lantai, empat lantai mal 2 lantai hotel. Secara keseluruhan lahan yang dibangun seluas 18.000 meter x 6 lantai.

Rencananya, mal tersebut menyediakan sebanyak 105 tenan, semua sudah terjual habis. Mall juga akan menyediakan XXI dengan segenap fasilitasnya.

Selain hotel dan mal, dalam areal Basko City Mall nanti akan tersedia ruang terbuka untuk penampilan kesenian. Begitu juga bangunan terpisah kafe tempat nongkrong anak-anak muda.

Ruang tersebut seperti di  Kemang Village dan Central Park Jakarta. Namanya Basko All Fressho. Ini merupakan semacam kafe-kafe terpisah dari mal yang dapat dinikmati pengunjung selain ke mal dan XXI.

"Semoga sesuai rencana, kita jadwalkan sudah beroperasi sebelum lebaran nanti," tambahnya.

Basko City Mall, merupakan mal modern terbesar di Sumatera yang dibangun di atas lahan strategis di By Pass Padang seluas enam hektar. Investasinya sampai rampung diperkirakan mencapai Rp 700 miliar.

Pembangunannya dimulai sejak akhir tahun 2023 lalu dan ditarget menjelang bulan puasa tahun depan sudah beroperasi. Tahapan akhir konstruksi gedung (topping off) rencananya dilakukan pada 11 Oktober 2024 nanti.

Basko City Mall diharapkan menjadi landmark-nya Kota Padang. Ke depannya, ia mendoakan semoga proyek ini sukses, membuka lebar lapangan pekerjaan bagi pencari kerja, menstabilkan perputaran ekonomi khususnya di Sumbar, serta bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga wisatawan berbondong-bondong mengunjungi mal ini nantinya. Mal dibangun dengan biaya sendiri, kecuali sebagian kecil dari BCA.

Basko menjelaskan semua itu kepada Komisaris Semen Padang, Khairul Jasmi. Ia didampingi Dirut mal itu, Benando Putra Basko, Direktur Keuangan: Irena Putri Basko dan Direktur Operasional Wendoky Putra Basko. Juga oleh Komisaris Zico Basko.

Selain itu juga Robi GM Basko City Mall, juga oleh Budi Harta Winata dari PT Artha Mas Graha andalan yang menggarap semua struktur baja mall tersebut. (ys)

 
Top