Faktual dan Berintegritas



PADANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat meraih Penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat atas dukungan penuh menjaga keandalan suplai listrik selama perhelatan Pemilu tahun 2024. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen kepada Senior Manager Distribusi PLN UID Sumbar Hariadi Fitrianto pada Kamis (26/09) di Whiz Prime Hotel Padang.

KPU Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan PLN UID Sumbar sehingga perhelatan lima tahunan tersebut dalam berjalan dengan lancar dan sukses. Tidak hanya PLN, KPU Provinsi Sumatera Barat juga memberikan penghargaan kepada beberapa instansi yang telah mendukung kelancaran pesta demokrasi tersebut.

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari KPU Sumbar terhadap upaya keras PLN menjaga keamanan sistem kelistrikan saat pemilu. Menurutnya dalam mengamankan sistem kelistrikan PLN melakukan berbagai upaya mulai dari mengidentifikasi tempat-tempat perhitungan suara, baik di tingkat kecamatan, kota, maupun provinsi serta memastikan keandalan pasokan listrik di lokasi-lokasi vital tersebut. 

“Apresiasi dari KPU Sumbar menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan, tidak hanya pada momen Pemilu tapi di setiap kesempatan lainnya. Pun demikian kami juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, Pemda serta stakeholder terkait untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kelistrikan terutama pada momen penting, dengan melakukan langkah-langkah preventif guna menjaga keandalan pasokan listrik di seluruh lokasi prioritas. Seperti halnya ketika petugas PLN terus mengawal   sistem kelistrikan dalam kondisi aman dan andal selama pelaksanaan Pesta Demokrasi Tahun 2024 lalu di ribuan titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat,” tutur Eric.

Eric menyampaikan bahwa saat pelaksanaan Pemilu pada Februari lalu, PLN sudah menyiapkan berbagai skenario pengamanan mulai dari pasokan listrik yang andal di 17.572 titik TPS dan menyiapkan 169 posko siaga yang tersebar di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat dengan melibatkan 1.359 personil PLN. Tidak hanya itu, PLN juga mengoptimalkan pasukan elite khusus yang disebut Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), yang terdiri dari 3 Tim, 2 Tim dari PLN UP3 Padang (1 Tim Berjarak dan 1 Tim Sentuh Langsung) dan 1 Tim dari PLN UP3 Bukittinggi (Metode Berjarak), dengan total 27 personil yang siap bekerja tanpa harus memadamkan aliran listrik.

“Tim PDKB ini merupakan pasukan elite PLN yang bertanggung jawab atas penugasan-penugasan khusus yang berisiko tinggi. Tim ini terdiri dari individu-individu terpilih dengan keterampilan dan kompetensi khusus dan terlatih untuk melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor, maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati listrik meskipun jaringan listrik butuh  perbaikan,” ungkap Eric lagi. 

Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen menyampaikan apresiasi atas dukungan dan gerak cepat petugas PLN mengawal kesuksesan Pemilu 2024. Menurutnya listrik yang stabil adalah salah satu faktor kunci dalam pelaksanaan pemilu yang sukses.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan PLN yang ikut mengamankan jalannya pemilu pada tahun 2024, proses pemungutan suara yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun. Listrik sangat penting untuk Pemilu, terutama saat rekapitulasi perhitungan suara, sebab membutuhkan suplai listrik yang andal sehingga proses perhitungan dapat secara langsung dikirim melalui sistem tanpa hambatan. Terima kasih PLN," kata Surya. (*)

 
Top