Faktual dan Berintegritas


PADANG - Kesadaran bela negara serta rasa kebangsaan generasi muda dinilai semakin pudar. Agar rasa kebangsaan tetap mengalir, Pemerintah Kota Padang membidik anak muda sebagai target penanaman nilai-nilai kebangsaan.

“Mari bersama-sama kita persiapkan hal-hal yang bisa meningkatkan rasa kebangsaan dari usia dini, karena mungkin sekarang rasa kebangsaan itu sudah mulai pudar. Jadi target kita adalah anak TK dan PAUD untuk pemantapan nilai-nilai kebangsaan itu," ujar Kepala Badan Kesbangpol Sumbar Erinaldi, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kesadaran Bela Negara yang digelar di Balaikota Padang, Kamis (22/8).

FGD yang berlangsung sehari itu dihadiri Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL). Sebanyak 60 peserta hadir dari berbagai daerah seperti Kota Padang, Padang Pariaman, maupun Kabupaten Padang Pariaman.

“Saat ini cukup banyak pengaruh buruk dari luar terhadap anak-anak, karena itu pendidikan karakter anak pada saat ini perlu menjadi perhatian bagi kita,” ujar Erinaldi di depan peserta.

Di kesempatan itu, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar itu juga menyampaikan perlunya mempersiapkan generasi Beta sejak dini. Sehingga nantinya diraih generasi Indonesia emas di tahun 2045. Pada kegiatan FGD juga diserahkan empat modul kepada guru PAUD yang turut hadir dalam FGD itu.

Sementara, Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Badan Kesbangpol Sumbar, Donny Rahma Saputra mengatakan bahwa tujuan digelarnya FGD adalah untuk menyamakan persepsi tentang pentingnya membangun kesadaran melalui pembentukan kualitas pribadi dan karakter.

“Kami sebagai pantia pelaksana kegiatan ini mengucapkan terimakasih kepada Badan Kesbangpol Kota Padang yang sudah memfasilitasi kegiatan,” sebutnya di depan seluruh undangan. (dkf)

 
Top