Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Diawali dengan penampilan memukau marching band SMAN 1 Batusangkar, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024, yang dikemas dalam bentuk acara Panggung Ekpresi Anak dengan tema "Kembali Ceria dan Bergembira" yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) berlangsung meriah di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (29/8).

Peringatan HAN Sumbar yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi diisi dengan berbagai acara menarik, mulai dari penampilan Flashmob Jingle 2P, Gerak dan Lagu 250 siswa SD se-Kabupaten Tanah Datar, Panggung Ekspresi Forum Anak, Talkshow Parenting, Penampilan Kesenian Islam dan Temu Ramah Gubernur dan Bupati dengan Forum Anak. 

Diawal sambutannya Gubernur Mahyeldi mengapresiasi semua anak yang terlibat dan pihak terkait dalam acara peringatan HAN Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024.

"Sengaja pada hari ini diangkat acara seperti ini dalam bentuk panggung ekpresi anak Sumatera Barat dengan tujuan menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi kepemimpinan yang ada dalam diri anak-anak kita," ucap Mahyeldi.

"Tugas kita pemerintah bagaimana memberikan kenyamanan kepada anak-anak kita, bagaimana mereka senang untuk berkreasi, bagaimana mereka bisa menghadirkan potensi-potensi terbaik mereka," kata Gubernur.

"Oleh sebab itu panggung kreasi ini dihadirkan sebagai bentuk pendidikan, mewujudkan hak mendapatkan tempat untuk berkreasi, tempat untuk menampilkan kebolehannya, tempat untuk menghadirkan kemampuannya, maka ini lah tugas para orang tua, tugas pemerintah, sehingga nanti potensi-potensi mereka nanti akan tumbuh dan berkembang," tambahnya.

Selanjutnya Gubernur juga menekankan pentingnya orang tua meningkatkan  pengetahuan dan kompetensi sebagai orang tua, karena kebutuhan pendidikan anak zaman sekarang berbeda dibandingkan dengan kebutuhan anak dahulu.

"Pengetahuan dan kompetensi kita sebagai orang tua harus terus ditingkatkan, karena kebutuhan pendidikan anak-anak kita sekarang ini berbeda dengan kebutuhan pendidikan kita dimasa lalu, makanya kita sebagai orang tua sering-sering mendengarkan ceramah dan pembekalan- pembekalan tentang pendidikan anak," ujar Gubernur.

Bupati Tanah Datar, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, Inhendri Abas, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Tanah Datar sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024.

"Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tanah Datar mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur beserta jajaran atas dipilihnya Kabupaten Tanah Datar sebagai tempat pelaksanaan panggung ekpresi anak tahun 2024 dengan tema kembali ceria dan bergembira, semoga memberikan syafaat kepada kita semua," kata Inhendri.

Selain itu inhendri berharap melalui HAN Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024, dapat menggali potensi dan menumbuhkan bakat anak.

"Melalui panggung ekpresi anak ini, kami berharap agar para orang tua mengetahui pentingnya melatih dan membentuk karakter anak melalui kegiatan-kegiatan yang positif, yang bermanfaat serta memberikan ruang dan kesempatan bagi anak-anak untuk beraktivitas dan menyampaikan suaranya dalam pemenuhan hak-hak anak," tutupnya.

Hadir Bupati Tanah Datar, Kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar, Forkompinda Tanah Datar, Kepala OPD lingkup Tanah Datar, Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Datar dan Forum Anak se-Sumatera Barat. (kmf)

 
Top