Faktual dan Berintegritas


PADANG - Penjabat (Pj) Wali kota Padang Andree Algamar menekankan sinergi  dan kolaborasi serta  pentingnya informasi awal ketika  terjadi bencana. Hal ini dijelaskannya  saat apel gabungan dalam rangka Launching Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular Seksual dan Pengukuhan TRC Satlinmas Satpol PP Padang, di Mako Satpol PP, Senin (5/8).

"Tidak ada anggota yang cuek dan apatis, ketika  terjadi kebakaran amankan situasi,  koordinasi dengan RT /RW setempat, kita ingin preventif. Kita juga kan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan bagaimana mengedukasi memadamkan api bagi anak sekolah, pentingnya keterampilan hidup," ujar Andree.

Andree menambahkan, pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) Satlinmas  untuk meningkatkan standar mutu pelayanan Satpol PP dan Satlinmas kota padang terhadap penanganan kebencanaan. Sehingga diharapkan personil Satlinmas bergerak cepat memberikan pelayanan dan bantuan pada saat terjadinya bencana.

"Khusus untuk bencana kebakaran, harus bahu- membahu memberikan penanganan preventif, memberikan informasi data dan cara memadamkan api ketika masih kecil. Bukan hanya tugas Damkar tapi tugas bersama," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menekankan  SOP dalam menangani bencana, berkolaborasi  dan bersinergi dalam penanganan bencana, siap sedia baik dari  pelaralatan dan cara pemakaian.

"Mengecek ulang setiap anggota, buktikan kita ini dapat melayani rakyat dengan baik, memberi pertolongan pertama dan segera meringankan beban masyarakat sekaligus bekerja dan berkoordinasi dengan pihak terkait ketika terjadi bencana," imbuhnya. (dkf).

 
Top