Faktual dan Berintegritas


PADANG - Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan optimis meraih posisi terbaik 1 tingkat Sumbar dalam perlombaan KAN se-Sumatera Barat. Wakil Ketua KAN Lubuk Kilangan Asril Rajo Bujang dalam acara pembukaan penilaian Kantor KAN Tingkat Provinsi di Kantor KAN Luki, Selasa, (20/8) menyebutkan pihaknya sudah bersiap untuk menjadi yang terbaik. 

"KAN Lubuk Kilangan sudah siap dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi KAN sebagai organisasi ninik mamak yang bertujuan memasyarakatkan nilai-nilai adat di tengah kehidupan masyarakat,"  ucapnya. 

Sebelumnya sebut Asril, KAN Luki pernah menjadi KAN terbaik se-Sumbar pada tahun  2012. Tantangan dan amanah sebagai ninik mamak di kecamatan saat ini semakin berat. Sebab itu, KAN Lubuk Kilangan terus merangkul masyarakat di kecamatan yang berpenduduk majemuk itu untuk terus bersatu. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Habibul Fuadi mengatakan KAN berfungsi mempertahankan dan menguatkan nilai-nilai Adat Basandi Syara- Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

"Terlebih bagi Kota Padang yang menjadi magnet bagi kabupaten/kota di Sumbar. Kita harus bersinergi dan menjadikan ABS-SBK pedoman agar menghasilkan kehidupan bermasyarakat yang aman dan tenteram," tuturnya didampingi Kabag Kesra Setdako Padang, Jasman. 

Sementara Ketua Dewan Juri dari Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Daerah (DPMD) Provinsi Sumbar Amriman menuturkan, ada empat aspek yang akan dinilai dalam penilaian Kantor KAN se-Sumbar. 

Diantaranya aspek kelembagaan mulai dari kantor, struktur organisasi dan kelengkapan perkantoran. Kemudian aspek penyelenggaraan adat, aspek kompetensi serta aspek kerjasama antar lembaga kemasyarakatan dan lembaga lainnya. 

"Penilaian ini juga dalam rangka pembinaan, dengan harapan peran KAN di tengah masyarakat selalu terasa dan semakin lebih baik lagi," tukasnya. (dkf)

 
Top