Faktual dan Berintegritas

 


PADANG - Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama dengan Balai Pelatihan Vokasi Produktivitas Padang (BPSV) meluncurkan aplikasi SiRepi (Sistem Rekrutmen, Pemagangan, Penempatan, dan Pelaporan) Tenaga Kerja, Selasa (27/8). 

SiRepi merupakan sarana penghubung antara pencari kerja dengan stakeholder baik pemerintah maupun perusahaan untuk mengatasi persoalan ketidaksesuaian antara tenaga kerja dengan dunia industri.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Padang Yosefriawan mengatakan, aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Kota Padang. Sebab, sebagai kota tujuan pendidikan, Padang setiap tahunnya menghasilkan banyak lulusan berstatus pencari kerja.

"Padang sebagai kota pendidikan memiliki banyak lulusan SMK dan akademi yang mencari pekerjaan. Untuk itulah, kami mendukung aplikasi ini sehingga para pencari kerja dapat mengakses informasi pelatihan, pemagangan, penempatan, hingga lowongan pekerjaan," terang Yosefriawan. 

Ia mengimbau agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pencari kerja maupun dunia usaha.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Fery Erviyan Rinaldy mengatakan, aplikasi SiRepi merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Padang mempermudah pelayanan masyarakat terkait tenaga kerja.

Aplikasi ini dibuat berkat kolaborasi antara Disnakerin Kota Padang dengan CV Mediatama Web Indonesia.

"Dari SiRepi, pengusaha akan mudah mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang lowong. Harapannya, tentu tercipta link and match antara tenaga kerja dan dunia kerja," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPVP Padang Eka Cahyana Adi menyambut baik inisiatif Pemerintah Kota Padang meluncurkan SiRepi.

"Kami sangat menyambut positif sekali adanya sistem yang didukung oleh teknologi ini. Harapan kami, data SiRepi dapat terintegrasi sehingga kedepannya memiliki implementasi yang positif," ucap dia. (*)

 
Top