Faktual dan Berintegritas



PADANG -- Mulai Desember 2024, kendaraan roda empat pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite harus menggunakan QR Code saat pembelian BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Untuk mendapatkan QR Code itu, pemilik harus mendaftarkan kendaraannya ke website: subsiditepat.mypertamina.id.

PT Pertamina Patra Niaga Regional  Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yang membawahi wilayah Sumatera Barat juga kembali menggencarkan sosialisasi dan pendaftaran subsidi tepat Pertalite, setelah sukses dengan subsidi tepat untuk BBM jenis solar satu tahun terakhir. 

"Penggunaan QR Code subsidi tepat ini tahap awal sudah kita laksanakan untuk solar. Alhamdulillah sudah hampir satu  tahun lebih. Sekarang, pengguna solar, seperti bus, angkot dan roda empat yang menggunakan solar sudah kita layani full (secara penuh) dengan QR. Yang tidak punya QR tidak bisa lagi kita layani," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar saat Sosialisasi Pendaftaran Subsidi Tepat Pertalite di Pertamina Coco Mata Air, Padang, Kamis (1/8).

Untuk Pertalite berdasarkan roadmap yang telah disiapkan akan dilaksanakan pada Desember 2024 ini. "Sesuai roadmap, subsidi tepat Pertalite akan kita jalankan full di Desember. Makanya, dikasih waktu longgar, sehingga masyarakat yang berhak menggunakan BBM Pertalite bisa menggunakan QR Code dan pembelian di SPBU jadi lebih tertib dan teratur," katanya.

Arti kata, benar-benar yang berhak-lah yang menggunakan BBM bersubsidi, bukan  kendaraan mewah seperti yang saat ini masih terjadi. "Kendaraan mewah hendaknya menggunakan BBM yang sesuai proporsinya, yaitu yang lebih tinggi oktan numbernya, karena berpengaruh pada performa kendaraan," tegas Freddy yang didampingi Sales Area Manager Sumbar, Narotama Aulia Fajri, Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria dan lainnya.

Ditegaskan, Pertalite hanya digunakan untuk kendaraan yang sesuai peruntukannya. Tapi kendaraan tersebut  harus memiliki QR Code untuk bisa membelinya di SPBU mulai Desember 2024. 

Mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id cukup dengan nomor KTP, nomor handphone, dan nomor STNK Kendaraan. Bila tak bisa sendiri, dapat melakukannya di posko yang sudah disiapkan di berbagai SPBU. 

Di Sumbar sampai kemarin sudah ada 31 persen dari 2 juta kendaraan roda empat yang mendaftar untuk subsidi tepat pertalite. "Kalau untuk Sumbagut, di Aceh sudah full QR," sebut Freddy. (yn)

 
Top