Faktual dan Berintegritas

Jasman 


PADANG - Sebanyak 378 kafilah akan berkompetisi pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kota Padang, 8-10 Agustus 2024. Kafilah-kafilah tersebut berasal dari 11 kecamatan se-Kota Padang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Padang, Jasman menyebut, persiapan MTQ Tingkat Kota Padang sudah mencapai 90 persen lebih dan diharapkan pelaksanaan MTQ nanti dapat berjalan baik dan lancar.

"MTQ akan berlangsung tanggal 8 hingga 10 Agustus yang menyebar di 8 titik lokasi di Kecamatan Kuranji, dengan arena utama depan Kantor DPRD Kota Padang," jelas Jasman saat diwawancara, Kamis (1/8/2024).

Ditambahkannya, kegiatan MTQ ke-41 diawali dengan Pawai Taaruf, dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim dan siangnya memulai sejumlah perlombaan MTQ. Kemudian, pada malam hari akan dilanjutkan Tabligh Akbar bersama Ustadz Muhamad Nur Maulana.

"Melalui MTQ ini dapat menjaring dan mengakomodir anak-anak kita, sehingga ini menjadi wadah bagi mereka untuk menampilkan yang terbaik. Kita berharap mereka nantinya dapat tampil  di tingkat Provinsi atau Nasional. MTQ ini sebagai bahan untuk menjaring potensi generasi muda dalam mencintai Alquran," sebutnya.

Jasman juga merinci, terdapat 12 cabang lomba yang dipertandingkan pada MTQ ke-41 Tingkat Kota Padang 2024 ini, yaitu Tilawah (anak, remaja dan dewasa), Tartil (dasar, menengah, umum), Tahfiz   1 juz (tilawah dan non tilawah), Tahfiz 5 juz (non tilawah dan non tilawah), Khutbah Jumat dan Azan,  Syarhil Quran (putra/putri), Fahmil Quran (putra/putri), dan Qiraat Saba'.

Sementara untuk 8 titik lokus perlombaan akan berlangsung di arena utama Depan Kantor DPRD, Masjid Raya Istiqlal Kampung Kalawi, Aula MAN 1 Padang Pasar Ambacang, Masjid Baitul Makmur Pasar Belimbing, Masjid Aljadid Karang Ganting Ampang, Masjid Jamiatul  Huda Bypass Ketaping, Masjid Tasyakurun Taratak Paneh dan Masjid Raya Balai Baru Gunung Sarik. (dkf)

 
Top