Faktual dan Berintegritas

 


PADANG -- Profesor Dr. Ir. Nasfryzal Carlo terpilih kembali sebagai ketua DPD Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Sumatera Barat 2024-2029. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musda ke-1 di Hotel Truntum, Padang, Padang (24/7)

Musda yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan demokratis itu diikuti para alumni berbagai angkatan, terdiri dari Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) , Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) , Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) dan Pemantapan Nilai Kebangsaan (Taplai). 

Selain agenda pemilihan ketua dan pengurus baru, kegiatan lain yang diselenggarakan adalah seminar kebangsaan yang bertajuk "IKAL Lemhannas Sebagai Katalisator Keutuhan Bangsa, Memperkuat Budaya Lokal untuk Mengatasi Abrasi Kebangsaan". Hadir pada kegiatan Musda IKAL Sumbar ke I tersebut antara lain Deputi Pengkajian Strategik Lemhanas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP yang mewakili Plt Gubernur Lemhannas RI. Kemudian juga hadir beberapa Nara sumber yaitu drh. Erinaldi, MM (alumni Lemhannas PPRA LX/2020) dan Dr. Yuliza Yunus. Seminar dan Musda ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar sekaligus sebagai pembicara kunci.

Awalnya pada Musda tersebut mengapung dua nama yang akan maju sebagai calon ketua, yakni Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc., CSP., IPU dan DR, Febby Datuk Bangso. Kedua nama ini adalah alumni Lemhanas RI PPSA 2017 dan PPRA 2023. Namun setelah pemilihan dilangsungkan, Febby Dt. Bangso mengundurkan diri dan  peserta sepakat memilih putra Kabupaten Solok itu sebagai ketua.

Meski mengundurkan diri dari calon ketua, namun pada kesempatan itu, Febby Dt Bangso menyatakan akan bersama-sama ketua terpilih membesarkan DPD IKAL Sumbar.

Dalam sambutannya, Prof. Carlo menyampaikan harapan ke depan DPD IKAL Sumbar akan tampil  memperkuat budaya lokal untuk menjaga keutuhan bangsa. "Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke yang harusnya saling menyatukan menjadi ikatan yang kuat bagi NKRI," kata Carlo. 

Ketua Umum DPP IKAL Lemhannas, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar saat melantik pengurus DPD IKAL Sumbar terpilih secara virtual,  mengucapkan selamat bekerja kepada Prof. Carlo. Ia minta IKAL Lemhannas Sumbar berperan paling depan  mengatasi masalah kebangsaan. 

"Beri masukan positif dan solusi kepada Presiden di tingkat pusat dan gubernur di daerah. Jangan ragu, sepanjang semuanya demi kepentingan bangsa dan negara. Jaga  IKAL Lemhannas sebagai organisasi intelektual prestisius berkarakter pejuang dan wawasan negarawan," tegas Agum.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar Dr. Audy Joinaldy yang hadir pada penutupan Musda I tersebut yakin DPD IKAL Sumbar mampu ikut berperan mengatasi persoalan-persoalan di daerah, seperti tawuran anak, narkoba dan  masalah sosial lainnya. "Tawuran anak yang terjadi saat ini pada anak level SMP, ini perlu dicari penyebab dan solusinya yang sesuai karena mereka masih di bawah umur", kata Audy. 

Hadir secara virtual pada acara pelantikan DPD IKAL Sumbar  Waketum II DPP IKAL Lemhannas Komjenpol (P) Togar M Sianipar, Dr.dr. Ulla Nuchrawati dan Mayjen TNI (P) Dr.Bimo Prakoso PSC.MA.MSc serta pengurus pusat lainnya. Sementara hadir di Padang secara langsung Sekjen Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatmo dan Wakil Sekjen, Dr. Lucky Ali Moerpiqin. 

Berikut komposisi pengurus terpilih DPD IKAL Lemhannas Sumbar periode 2024-2029 :

Ketua Umum : Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc., CSP., IPU. 

Ketua Harian : Dr. Febby Salam, S.Par., M.Par.

Sekretaris Umum : Dr. Jonni Mardizal, MM, CSE.

Bendahara : Dr. Novelti, M.Hum. (*)

 
Top