Faktual dan Berintegritas


PADANG-- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Sumatera Barat (Diskominfotik Sumbar) bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar akan menyelenggarakan lomba presenter, penyiar, dan Master of Ceremony (MC). Perlombaan ini untuk memeriahkan HUT RI ke 79 pada 17 Agustus 2024 yang akan datang.

Dalam pemaparannya, Kepala Diskominfotik Sumbar, Siti Aisyah menjelaskan diselenggarakannya lomba ini dilatarbelakangi oleh kondisi perkembangan teknologi saat ini. Pesatnya perkembangan dunia digital memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari.

“Dunia digital ini membuat interaksi sosial kita berkurang. Sudah sibuk saja dengan gadget-nya. Maka, lomba ini kita adakan sebagai penyeimbang dalam transformasi digital saat ini serta untuk kehidupan sehari-hari,” ujar Aisyah.

Terkait perlombaan, Aisyah menjelaskan terdapat empat kategori lomba, yaitu kategori sekolah dasar (SD), SMP, SMA, dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Terkhusus untuk kategori ASN, Aisyah menyebutkan perlombaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi ASN untuk mampu menyampaikan program-program yang dijalankan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing.

Ketua KPID Sumbar, Robert Cenedy, menjelaskan bahwa lomba presenter, penyiar, dan MC ini awalnya merupakan kegiatan spontan. Perlombaan awalnya ditujukan untuk anak-anak, namun seiring waktu kategori perlombaan pun menjadi berkembang.

“Dunia penyiaran semakin berkembang, terlebih dengan munculnya penyiaran digital. Penyiaran digital ini juga menumbuhkan potensi di OPD dan sekolah-sekolah, seperti podcast. Selain itu, anak-anak pun juga mempunyai potensi, maka kita berikan wadah melalui lomba untuk mengembangkan minat dan bakat,” jelas Robert.

Lomba presenter, penyiar, dan MC diselenggarakan dalam rangka HUT RI ke 79. Pendaftaran dan pengumpulan karya dilakukan pada 29 Juli-4 Agustus 2024. Penjurian tahap awal dilakukan pada 5-6 Agustus 2024. Hasil video yang telah diseleksi akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2024.

Selanjutnya, penjurian tahap akhir dilakukan pada 11 Agustus 2024 dan akan diselenggarakan secara langsung di Gedung Youth Center, Kota Padang. Penjurian tahap akhir akan diikuti oleh sepuluh finalis dari masing-masing jenis perlombaan di setiap kategori nya. Pengumuman pemenang akan digelar pada 15 Agustus 2024 dan pemberian hadiah akan diberikan pada 17 Agustus 2024. (*)

 
Top