Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Penas Tani Nelayan ke-XVI resmi dibuka oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartato mewakili Presiden Joko Widodo, Sabtu (10/6) di Lanud Sutan Sjahrir, Tabing, Kota Padang. Ribuan orang ikut pada kegiatan tersebut.

Pada pembukaan acara nasional itu, hanya hadir 14 gubernur atau yang mewakili beserta 293 bupati/walikota di Indonesia. Kegiatan akan berlangsung hingga 15 Juni 2023 mendatang.

Dikutip dari relis Kominfotik Sumbar, di antara gubernur yang datang terlihat Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi, Gubernur Jambi Al Haris, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Nur. Kemudian tampak juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Lalu Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi serta Gubernur Maluku Murad Ismail.

Beberapa provinsi lain hanya mengirim wakil gubernur dan perwakilan,  seperti Wakil Gubernur Riau, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, serta perwakilan gubernur seperti Papua Barat yang diwakili Bupati Teluk Wondama, Papua Tengah diwakili Plt Bupati Mimika, dan Kepulauan Riau diwakili Walikota Tanjung Pinang.

Sementara itu, peserta terbanyak berasal dari Provinsi Sumut  mencapai 1.790 orang, disusul  Riau 1.500 peserta. Selanjutnya, Kalimantan Timur 1.391 peserta, Jambi 1.386, Sumatera Selatan 1.156  dan Aceh sebanyak 1.135 peserta. Sementara dari enam provinsi di Papua, peserta yang datang mencapai 1.083 orang.

Pembukaan Penas Tani Nelayan tersebut dimeriahkan dengan penampilan marching band dari Akademi TNI, Kepolisian dan IPDN, serta penampilan tari massal oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang.

Pada Penas Tani Nelayan ini juga digelar pameran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Selain itu, juga terdapat stand masing-masing provinsi dan kabupaten/kota untuk mempromosikan produk-produk unggulan di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan dimaksud. (*)

 
Top