Faktual dan Berintegritas



PAINAN - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni bagikan sembako kepada korban banjir di dua kecamatan. Sefikitbya ada 500 paket sembako yang dibagi-bagikan, Rabu (26/12).

Dua kecamatan yang dilanda banjir itu adalah Kecamatan IV Jurai dan Kecamatan Bayang. Ada sejumlah nagari di dua kecamatan itu terdampak banjir.

Dalam pembagian paket sembako kemarin, Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Pesisir Selatan, Ny. Lisda Hendrajoni.

Selain itu, Bupati Hendrajoni juga didampingi Sekda Ir. Erizon, MT, Anggota DPRD Pesisir Selatan, Al Ermon, serta sejumlah kepala dinas.

Sembako tersebut diserahkan di tiga nagari pada Kecamatan IV Jurai masing-masing Taratak Tangah Lumpo, Lumpo dan Ampuan Lumpo. Setelah itu dilanjutkan di Kecamatan Bayang yakni di Nagari Gurun Panjang.

Dalam kesempatan itu bupati nengatakan perlunya normalisasi terhadap sungai. Sebab, salah satu penyebab banjir adalah terjadinya pendangkalan dan penyempitan sungai.

"Khusus normalisasi Sungai Batang Lumpo saya akan memperjuangkannya tidak hanya kepada pemerintah provinsi namun juga pusat," kata dia.

Dari catatan BPBD setempat, khusus di Kecamatan IV Jurai banjir melanda delapan nagari yakni Ampuan, Limau Gadang, Batu Kunik, Taratak Tangah, Lumpo, Bukik Kaciak dan Sungai Gayo, Sungai Sariak Lumpo.

Banjir tersebut menyebabkan 446 tumah terendam serta berdampak pada 359 kepala keluarga, kejadian itu juga menyebabkan 65 kepala keluarga mengungsi.

Sedangkan di Kecamatan Bayang data sementara, di Nagari Gurun Panjang merendam  sebanyak 242 rumah dan di Gurun Panjang Utara 186 rumah. Selain itu, banjir juga serta merendam sawah penduduk. (r)
 
Top